zStickyBar Widget by inimu.com

Senin, 23 Juli 2012

Bagaimana Anda Bisa Menghasilkan Uang Dari Blog ?

19.36

Saya masih bingung sebenarnya bagaimana sih caranya menghasilkan uang lewat blog?” Pernahkan Anda bertanya-tanya hal seperti itu? Bermula dari pertanyaan itulah ide artikel ini lahir. Kira-kira bagaimana saya akan menjelaskan cara menghasilkan uang lewat blog tersebut? Sebelum membaca lebih jauh marilah Anda jawab “menghasilkan uang lewat blog seperti apa yang Anda idam-idamkan?” Sepertinya jawabannya pasti dalam jumlah yang besar atau bisa mencukupi keperluan hidup, kuliah, sekolah atau apapun itu. Satu hal yang saya yakini dalam konsep “menghasilkan uang lewat blog” sebagai blogger tidak membuat diri kita berbeda dengan mereka yang bekerja menghasilkan uang di kantoran atau mereka yang menghasilkan uang dengan usaha wiraswasta offline. Jadi, jika Anda ingin menghasilkan uang lewat blog tentu Anda perlu “kerja” untuk bisa benar-benar menghasilkannya. Sampai bagian ini, bagaimana? Jika Anda kecewa mungkin Anda tidak perlu melanjutkan membaca artikel ini (mengingat artikel ini cukup panjang mencapai kurang lebih 2000 kata), namun jika Anda masih penasaran dengan menghasilkan uang lewat blog silahkan lanjutkan untuk membacanya.

Cara-cara apa yang tersedia untuk bisa menghasilkan uang lewat blog dan apa tantangannya?

Kontes

Tentu saja hal menarik yang bisa Anda lakukan adalah mengikuti kontes yang diselenggarakan oleh beberapa merchant terkemuka yang ada di Indonesia. Salah satu contohnya adalah kontes motor matic injeksi irit harga murah dari yamaha. Bagaimana bisa menghasilkan uang? tentu saja jika Anda dinyatakan sebagai pemenang Anda akan mendapat hadiah. Hadiah tersebut bisa berupa uang tunai, voucher,  barang siap pakai atau bentuk lainnya. Banyak sekali kontes yang tersedia bagi pengguna internet khususnya blogger di Indonesia. Info-info bisa Anda dapatkan dari blogger-blogger lainnya atau melalui beberapa situs social media seperti facebook dan twitter.

Menghasilkan uang dengan program Pay Per Click Advertisement (PPC)

Saya yakin sudah banyak dari Anda yang cukup mengenal fasilitas ini. Bisa dikatakan cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk diterapkan namun tidak demikian dengan memperoleh hasil yang memuaskan. Dari riset kecil yang saya laksanakan saya mendapat kesimpulan bahwa metode ini lebih efektif untuk sarana iklan dibandingkan sebagai sarana menghasilkan uang lewat blog. Mengapa demikian? Blog-blog dengan jumlah traffic yang cukup besar pun hanya menghasilkan tidak lebih dari $200 per bulannya. Hasil yang signifikan akan didapatkan oleh web-web besar media-media elektronik. Mengapa demikian? Website media elektronik memiliki cakupan pembaca yang luas, selalu memuat berita terbaru dengan jumlah update artikel sangat besar karena didukung oleh tim pembuat artikel yang solid. Jadi ya tidak heran website media elektronik dapat meraup keuntungan besar dari program PPC. Tapi saya tidak mengatakan hal ini percuma jika Anda terapkan di blog, saya hanya ingin menyadarkan bahwa Anda jangan berharap terlalu tinggi dalam menghasilkan uang lewat blog dengan menggunakan fasilitas ini. Satu-satunya tantangan bagi Anda untuk menghasilkan uang lewat blog secara maksimal dari PPC adalah jumlah pengunjung. Ya, semakin banyak jumlah pengunjung semakin besar kemungkinan uang yang Anda dapatkan. Namun demikian, seperti saya utarakan di atas, jumlah pengunjung yang besar belum merupakan jaminan Anda akan berhasil dengan PPC, masih banyak variabel lain yang ikut menentukan.

Menghasilkan Uang Melalui Banner Iklan

Cara berikutnya dalam menghasilkan uang lewat blog adalah dengan menyediakan ruang bagi banner iklan produk tertentu. Anda hanya perlu menyiapkan “page” khusus mengenai tawaran Anda kepada mereka yang ingin menitipkan banner iklan-nya melalui blog Anda. Atau bisa juga tidak memerlukan “page” khusus tentang itu dan bersikap lebih proaktif lagi dengan menyampaikan proposal iklan Anda ke target-target Anda. Hal-hal yang perlu dijelaskan adalah keuntungan apa yang akan didapatkan pemasang iklan jika memasang iklan di blog Anda, berapa tarif per bulan/per minggu yang Anda minta, dan kenapa Anda pikir iklan mereka harus ada di blog Anda. Tantangan terbesar dalam menghasilkan uang lewat baner iklan adalah jumlah pengunjung blog Anda. Semakin besar jumlah pengunjung blog Anda semakin besar pula kemungkinan pihak lain tertarik menitipkan iklannya di blog Anda.

Marketing Affiliasi

Ini merupakan salah satu upaya menghasilkan uang lewat blog yang banyak diterapkan oleh blogger. Melalui afiliasi Anda dapat menjual barang yang diciptakan orang lain dengan memperoleh komisi yang relatif tinggi. Keuntungan bagi Anda jika mengikuti marketing affiliasi adalah Anda tidak perlu bersusah payah membuat suatu produk, Anda cukup membantu mencarikan pembeli atas produk yang sudah ada dan jika terjadi transaksi pembelian melalui upaya Anda maka komisi pun akan jatuh ke tangan Anda. Anda dapat mencari produk-produk yang ingin Anda promosikan melalui internet. Beberapa produk affiliasi di Indonesia yang saya ketahui antara lain produk web hosting, produk herbal, software aplikasi perkantoran, buku, jasa informasi atau pelatihan dan sebagainya. Anda harus mendaftarkan diri sebagai penjual affilasi jika Anda ingin menghasilkan uang melalui cara ini. Setelah Anda disetujui maka Anda dapat mulai mempromosikan produk ini melalui blog Anda. Tantangan terbesar dari menghasilkan uang lewat marketing affiliasi adalah bagaimana membuat promosi yang baik yang menumbuhkan minat pembaca untuk membeli melalui blog Anda.

Menghasilkan Uang dengan Menjual Produk Anda Sendiri

Cara yang paling menyenangkan dalam menghasilkan uang lewat blog tentunya menjual produk Anda sendiri. Jangan salah, untuk menjual produk sendiri Anda tidak harus membuat konsep toko online. Anda masih bisa memanfaatkan blog sederhana sebagai media penjualan online. Yang perlu Anda perhatikan dalam menjual produk Anda lewat blog adalah penjelasan mengenai diri Anda, lokasi Anda, produk yang Anda jual (foto dan penjelasan) , cara pemesanan, bagaimana Anda dapat dihubungi dan layanan apa yang Anda berikan terhadap keluhan konsumen. Tidak jauh berbeda dengan menjual barang di toko offline bukan? Tantangan terbesar dari menghasilkan uang dengan menjual produk Anda sendiri adalah blog Anda harus memiliki jumlah pengunjung yang besar.

Menghasilkan Uang dengan Mempromosikan Diri Anda Sendiri

Saya pernah melihat beberapa blog yang mencantumkan beberapa nilai mata kuliah pemilik blog tersebut. Menurut saya ini merupakan langkah yang sangat cerdas. Blog dapat dijadikan sarana mempromosikan keahlian Anda dengan begitu peluang Anda untuk menemukan klien yang tertarik untuk membayar keahlian Anda semakin besar. Pada saat melamar suatu pekerjaan pernahkan Anda ditanya “ Sudah pernah bekerja?” lalu Anda merasa kegagalan Anda dalam mencari pekerjaan adalah karena Anda tidak memiliki pengalaman kerja. “Bagaimana Anda dapat memiliki pengalaman jika Anda sendiri tidak pernah diberi kesempatan?” Jangan pasif, buatlah kesempatan untuk Anda sendiri. Buatlah kesempatan Anda melalui blog. Bagi Anda yang masih sekolah atau kuliah blog dapat menjadi ajang meningkatkan nilai jual Anda di mata user (pihak yang bersedia membayar Anda atas kepandaian dan keahlian Anda). Bagaimana caranya? Anda dapat memasukan alamat blog Anda ke dalam setiap lembar lamaran pekerjaan Anda. Melakukan hal demikian peluang Anda untuk bisa memperoleh pekerjaan yang Anda idam-idamkan tentu semakin besar. Lalu bagaimana bagi Anda yang bukan pelajar? Tentu tulisan Andalah yang menjadi nilai jual Anda. Apa yang Anda tulis mungkin akan menarik perhatian orang lain yang bersedia membayar Anda sebagai penulis. Ya, kemungkinan terburuk dari seorang blogger adalah Anda akan menjadi penulis. Menjadi penulis adalah pekerjaan yang tidak mengenal batas usia dan waktu, selama Anda masih bisa menulis maka Anda tetap memiliki peluang untuk menghasilkan uang lewat tulisan Anda. Tantangan terbesar dalam menghasilkan uang dengan mempromosikan diri Anda sendiri adalah bagaimana mempromosikan diri secara tepat dan bagaimana menemukan orang yang mau menerima Anda bekerja.
                                                                                                                                    Advertisement
Nah, sekarang mari kita cari solusi atas tantangan-tantangan tersebut.

1. Bagaimana Meningkatkan Jumlah Pengunjung ke Blog Anda?

Komentar

Saya yakin Anda sudah mengetahui hal ini. Namun demikian apakah Anda bertanya-tanya mengapa jumlah pengunjung Anda tetap sedikit. Mungkin ada yang salah dari komentar Anda. Berikanlah komentar yang bermanfaat, membangun dan tidak menjelekkan si pembuat artikel. “Jika Anda dapat menghargai orang lain maka orang lain akan menghargai Anda” Inilah yang saya percaya : sejelek apapun artikel dalam suatu blog menurut Anda, Anda harus menghargainya, berikanlah masukan yang bernada sopan, baik dan tidak menggurui. Komentar seperti ini pasti akan di-publish, dan tentu akan menarik minat pembaca lainnya untuk mengenal Anda lebih dalam. Hasilnya? Kemungkinan besar pengunjung lain akan meng-klik link komentar Anda. JIka jumlah pengunjung meningkat tentu kesempatan menghasilkan uang lewat blog Anda semakin besar.

Penulis Tamu

Jika Anda memiliki kesempatan menjadi penulis tamu, jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Penulis tamu merupakan media yang efektif untuk membangun eksistensi online Anda. Perkenalkanlah diri Anda seluas-luasnya agar peluang Anda untuk menghasilkan uang lewat blog semakin besar. Satu hal yang pasti dalam memperoleh hasil maksimal sebagai penulis tamu adalah berikan “artikel terbaik” Anda kepada blog lain yang Anda inginkan. Ya, Jika Anda memiliki artikel terbaik maka sebarkanlah artikel itu jangan Anda simpan di blog Anda sendiri. Jangan sangka sebuah toko online tidak dapat menjadi penulis tamu, bagi saya penulis tamu cocok untuk segala jenis blog, tidak terkecuali blog personal. Contoh : Jika Anda memiliki toko online, Anda dapat menulis artikel di blog orang lain tentang “Bagaimana Memulai Sebuah Toko Online”, atau “Bagaimana Meningkatkan Penjualan Toko Online”. Tentu banyak orang ingin membaca artikel seperti itu, apalagi artikel itu dibuat oleh Anda sendiri sebagai pemilik toko online. Jika Anda memiliki blog personal, Anda dapat menulis artikel di blog orang lain tentang “Bagaimana Blog Bisa Mempengaruhi Hidup Anda secara Positif”. Jumlah blog personal cukup banyak sehingga pasti akan menarik minat blogger lain untuk membacanya. Intinya adalah apapun blog Anda pasti ada jalan untuk menjadi penulis tamu, Anda hanya perlu mencari ide lebih dalam lagi. Menjadi penulis tamu merupakan cara yang sangat baik untuk mempromosikan blog Anda. Dengan menjadi penulis tamu maka semakin banyak orang yang mengetahui keberadaan Anda di dunia blog dan semakin besar pula jumlah pengunjung yang akan datang ke blog Anda.

2. Bagaimana Membuat Promosi Affiliasi yang Baik yang Menumbuhkan Minat Pembaca untuk Membeli Melalui Blog Anda?

Dari sebagian besar pengalaman blogger lainnya yang sukses dengan affiliasi maka jawabannya adalah Anda harus tahu betul mengenai produk yang Anda promosikan. Untuk bisa menjadi “tahu betul” tentu Anda harus membelinya, menggunakannya dan memberikan penilaian atas manfaat yang Anda dapatkan dari produk tersebut. Tahukah Anda perusahaan-perusahaan besar menghabiskan banyak uang untuk mengetahui komentar konsumen atas produk yang telah dikeluarkan. Ya, pendapat konsumen sangatlah berarti untuk orang lain, itulah prinsip dasar agar Anda sukses dalam program affiliasi. Jika Anda dapat menuangkan “apa saja keuntungannya menggunakan suatu produk”, “apa saja kekurangannya”, lalu “menurut Anda untuk siapakah produk ini cocok digunakan” maka optimislah Anda dapat memperoleh penjualan melalui promosi semacam itu. Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan setelah memuat promosi tersebut adalah mendatangkan pengunjung blog sebanyak mungkin.

3. Bagaimana Mempromosikan Diri Secara Tepat?

Halaman “Tentang Saya” (About)

Mungkin Anda pikir bagian “Tentang Saya” adalah hal biasa dan tidak berpengaruh signifikan terhadap blog Anda secara keseluruhan. Namun dalam bisnis online, bagian ini sangatlah penting, dan jika Anda ingin menghasilkan uang lewat blog Anda untuk jangka panjang maka berilah perhatian lebih pada bagian ini. Bagian ini dinilai sebagai peluang Anda untuk menunjukkan apa keahlian Anda, apa yang bisa Anda lakukan untuk orang lain, dan apa yang ingin Anda tawarkan melalui blog Anda. Jadi, apakah Anda memiliki halaman (khusus) ini pada blog Anda? Jika belum maka buatlah dengan baik, halaman ini dapat memperbesar peluang Anda untuk menghasilkan uang lewat blog. Ini adalah kesan pertama yang bisa Anda jual kepada pembaca.

Artikel Blog Anda

Setelah mempersiapkan bagian “Tentang Saya” maka artikel blog dapat mencerminkan keahlian yang ingin Anda tawarkan kepada pembaca. Mungkin Anda penasaran bagaimana sebuah blog personal dapat menjadi media promosi pemiliknya. Buatlah artikel yang baik dengan bahasa yang baik, meskipun blog Anda hanya berisi curhatan pribadi. Bukan tidak mungkin akan ada yang tertarik dengan cerita Anda terutama dalam hal “bagaimana Anda mencari jalan keluar atas masalah yang Anda hadapi”. Jika Anda mengetahui dooce.com, blog ini tumbuh besar bermula dari curhatan pemilik blog terhadap perilaku bos dan rekan kerja dikantornya. Mengapa bisa demikian? Jalan keluar atas suatu masalah merupakan hal yang dicari banyak orang, jadi jika Anda tahu bagaimana keluar dari suatu permasalahan buatlah cerita sebaik mungkin mengenai hal itu dalam blog Anda, lambat laun pasti banyak yang ingin membacanya. Ini semua merupakan bagian dari konten marketing. Jika Anda berhasil menerapkan konten marketing dengan baik, bukan tidak mungkin Anda akan ditawari suatu pekerjaan yang berhubungan dengan blog curhatan Anda. Katakanlah Anda menjadi kontributor rutin pengisi rubrik tertentu di sebuah media atau tabloid. Menarik bukan?

4. Bagaimana Menemukan Orang yang Mau Menerima Anda Bekerja?

Jika Anda berhasil mempromosikan blog Anda sehingga blog Anda cukup popular di dunia maya tentu tawaran pekerjaan dapat datang dengan sendirinya, namun demikian Anda juga dapat menjadi pro-aktif dalam mencari orang yang mau menerima Anda bekerja. Salah satu caranya adalah dengan mencantumkan alamat blog Anda dalam CV lamaran pekerjaan. Bagi seorang pelamar kerja yang belum memiliki pengalaman, mengelola sebuah blog dapat menjadi nilai lebih, apalagi jika Anda dengan keahlian yang Anda miliki dapat memberikan solusi tertentu melalui postingan-postingan blog Anda. Contoh : Anda seorang mahasiswa perguruan tinggi dengan jurusan peternakan. Anda dapat mengulas teknik-teknik khusus untuk mengatasi penyakit pada hewan, cara praktis merawat hewan ternak dan sebagainya. Atau Anda seorang sarjana pertanian, Anda bisa membahas mengenai teknik pengolahan tanah agar tanaman tumbuh subur, menciptakan tanaman yang berkualitas, dan sebagainya. Setelah Anda mempersiapkan blog dengan beberapa artikel yang mempromosikan keahlian Anda langkah selanjutnya adalah melaksanakan konten marketing (lewat komentar di blog, guest blogger, kontes artikel blog, atau bahkan menghubungi target Anda secara langsung). Semakin baik konten marketing yang Anda lakukan, semakin besar kesempatan Anda untuk memperoleh pekerjaan melalui blog Anda.

Siap Lakukan Perubahan ?

Kerja” yang perlu Anda lakukan dalam mencari uang lewat blog mencakup konten marketing yang terdiri dari SEO, membuat artikel, promosi blog, promosi artikel hingga pengajuan proposal bisnis secara langsung. Sehingga blog berfungsi sebagai media promosi keahlian Anda untuk memperoleh keuntungan materi bagi Anda. Apapun cara menghasilkan uang lewat blog yang Anda pilih, lakukanlah cara-cara yang menurut Anda cocok dan benar-benar menghasilkan sesuatu untuk Anda karena cara yang bekerja pada suatu blog belum tentu juga bekerja pada blog lainnya.  

Nah, sekarang bagaimana dengan blog Anda? Apakah Anda pernah berpikir untuk menghasilkan uang lewat blog Anda? Cara-cara apa yang Anda terapkan lantas bagaimana hasilnya? Bagilah pengalaman Anda kepada pembaca lainnya, silahkan tinggalkan komentar melalui kolom yang tersedia.

Sumber : http://notordinaryblogger.com

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

© 2013 vBLOG. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top