Minggu, 22 Juni 2014

Cara Mengatur Setelan blog

19.38

Cara Mengatur Setelan blog 

Berjumpa lagi dengan saya, pada postingan sebelumnya sudah saya bahas secara singkat tentang pengenalan 9 menu dasar pada blogger. Bagi anda yang telah membacanya pasti sudah paham dan tidak perlu saya jelaskan lagi. Untuk melanjutkan topik tentang dasar ngeblog maka pada kesempatan ini saya akan menjelaskan penggunaan menu yang ke 10. Tujuannya tidak lain adalah agar anda tidak salah dalam melakukan pengaturan dasar blog.
Setelan blog yang saya maksud di sini adalah menu-menu tambahan yang terdapat pada blogger blogspot, fitur ini sangat berpengaruh pada peningkatan halaman internal sebuah blog di mesin pencari, Oleh sebab itu setelah membuat blog, hal yang pertama harus di perhatikan adalah setingan menu dasar, karena pada opsi ini terdapat beberapa komponen sub menu yang perlu kita atur lebih awal sebelum menerbitkan postingan.
Berikut komponen-komponen yang terdapat pada Setelan menu dasar blog blogspot :
  1. Setelan Dasar
  2. Pos dan komentar
  3. Bahasa dan pemformatan
  4. Preferense penelusuran
Penggunaan sub menu pada setelan blogger akan saya jelaskan secara singkat tentang fungsi 4 sub menu setelan di atas.
1. Setelan Dasar blogger
Pada sub menu setelan dasar ada 3 bagian yang harus anda perhatikan yaitu dasar, penerbitan dan izin.
  1. Pada bagian setelan dasar isi judul dan deskripsi sesuai dengan topik yang nanti di publikasikan ke pemirsa, ingat ! jangan terlalu sering menganti judul blog karena akan membuat mesin spider bingung mengindeks halaman konten.
  2. Di bagian privasi biarkan saja seperti awal tidak usah di edit agar blog tampil di halaman pencarian.
  3. Pada bagian penerbitan berguna untuk menambahkan domain baru, caranya klik tombol "tambahkan domain khusus" lalu isi dengan alamat domain baru anda, jika belum punya domain maka biarkan saja.
  4. Pada bagian izin, anda bisa menambahkan penulis dan pembaca blog dari kontak. Jika artikel bersifat rahasia maka edit menjadi pribadi agar orang lain tidak bisa melihat pos anda.
2. Setelan Pos Dan Komentar Blog
Anda boleh mengatur pos dan komentar yang ada di halaman utama sesuai keinginan, tapi setelan pos dan komentar yang saya sarankan sebagai berikut :
1. Pos
  • Tampilkan pos sebanyak mungkin ? - anda bisa memilih jumlah pos yang akan di tampilkan di halaman utama blog, tampilkan minimal 5-10 posting.
  • Template entri ? - abaikan saja.
  • Tampilkan gambar dengan lightbox ? - pilih ya.
2. Komentar
  • Lokasi komentar ? - pilih tersemat.
  • Siapa yang dapat mengomentari ? - untuk menghindari pengguna tanpa identitas, pilih pengguna terdaftar.
  • Moderasi komentar ? - centang selalu agar kita mengetahui jika ada komentar spam yang masuk. caranya masukkan alamat email anda pada kolom "kirim email ke permintaan moderasi".
  • Tampilkan verifikasi kata? - pilih iya jika ingin menampilkan kode verifikasi. ini berguna untuk mencegah komentar robot.
  • Tampilkan tautan balik? - pilih tidak.
  • Pesan formulir komentar? - tulis pesan sesuai keinginan anda di dalam kotak formulir yang tersedia. misalnya ( jangan menggunakan komentar spam di blog ini ).
  • selanjutnya klik tombol simpan setelan.
3. Bahasa Dan Pemformatan
Fitur ini digunakan untuk setting bahasa dan format waktu pada saat menerbitkan pos baru. mari kita bahas 2 bagian setelan.
1. Bahasa
Jika anda berminat menawarkan konten untuk iklan di google adsense ubahlah setingan menjadi bahasa inggris agar menu penghasilan tampil.
  • Aktifkan translitrasi? - cukup dinonaktifkan, kecuali blog di tayangkan di negara yang memerlukan translit bahasa. anda bisa menambahkan gadget google translite untuk mempermudah pengunjung dari negara lain.
2. Format
Pada fitur ini saya sarankan sesuaikan format waktu dengan tempat tinggal anda sekarang, jika sudah selesai jangan lupa klik tombol simpan setelan.
4. Preferense Dan Penelusuran
Fitur ini sangat berhubungan dengan kinerja blog di mesin pencari, jika salah ketika mengatur setelan ini akan mengakibatkan blog anda tidak tampil di halaman penelusuran.
Ada 3 bagian yang penting untuk diperhatikan
1. Tag Meta
Fitur tag meta yang disediakan oleh blogger bertujuan untuk mempermudah anda memberikan deskripsi yang unik dan kreatif. Tag meta ini penting untuk optimasi halaman blog di mesin pencari,
2. Kesalahan Pengalihan
Dengan fitur ini anda bisa mencegah terjadinya halaman tidak ditemukan atau not found dan memberikan keterangan melalui pesan khusus. Untuk mengetahui kesalahan perayapan pada halaman blog, lihat dengan menggunakan alat webmaster tools.
  1. Pesan khusus laman tidak ditemukan? - klik edit, lalu buat keterangan bahwa halaman tidak ditemukan, contoh : maaf halaman sudah dialihkan.
  2. Pengalihan khusus ? - fitur ini sangat penting jika terdapat halaman not found, caranya klik edit, kemudian pada kolom dari isi dengan url halaman tidak ditemukan, dan pada kolom kepada isi url pengalihan halaman, next klik tombol simpan perubahan.

  3. setelan menu blog blogspot

3. Perayap Dan Pengindeksan
Awas hati-hati dalam menggunakan fitur ini ! peringatan tersebut harus di perhatikan, disini saya sarankan bagi yang belum paham menggunakan fitur robot.txt sebaiknya dinonaktifkan saja, tapi bagi yang telah mengerti silahkan gunakan dengan tepat. Sebelum mengaktifkan fitur robot.txt, sebaiknya kita pelajari dulu fungsi dari robot.txt.
Disini saya hanya menjelaskannya secara singkat berdasarkan pengetahuan saya. Robot txt merupakan perintah yang disampaikan kepada spider ( mesin pencari ) dalam mengindeks halaman konten baik itu mengindeks semua halaman situs, larangan mengindeks dan folder tertentu saja yang boleh di indeks.
Contoh format Robot memungkinkan indeks semua halaman.
User-agent: Googlebot
Disallow:
Contoh format Robot Larangan indeks
User-agent: googlebot
Disallow: /
Oke teman, untuk sementara mungkin hanya ini yang bisa kita pelajari, semoga lain waktu saya bisa memberikan bahan belajar yang baru untuk anda. Terima kasih sudah bersedia membaca tulisan sederhana ini, salam blogger.
"

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 vBLOG. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top